pages

Kamis, 01 Desember 2011

Pengembangan Format RPP Bebasis KTSP

Rencana pelaksanaan  pembelajaran pada hakikatnya merupakan perencanaan jangka pendek untuk memperkirakan atau memproyeksikan apa yang akan dilakukan  dalam pembelajaran. Dengan demikian RPP merupakan upaya untguk memperkira-kan tindakan-tindakan yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. RPP perlu dikembangkan untuk mengkoordinasikan komponen pembelajaran, yakni: kompetensi dasar, Materi standar, indikator hasil belajar, dan penilaian. Kompetensi dasar berfungsi mengembangkan potensi siswa, Materi standar berfungsi memberi makna terhadap kompetensi dasar, indicator hasil belajar berfungsi menunjukkan keberhasilan pembentukan kompetensi siswa, sedangkan penilaian berfungsi mengukur pembentukan kompetensi, dan menentukan tindakan yang harus dilakukan apabila kompetensi standar belum terbentuk atau belum tercapai. RPP-KTSP yang akan bermuara pada pelaksanaan pembelajaran, sedikitnya mencakup tiga kegiatan, yakni identifikasi kebutuhan, perumusan kompetensi dasar, dan penyusunan program pemelajaran. Selanjutnya RPP memiliki dua fungsi yaitu sebagai perencanaan dan pelaksanaan. Terdapat beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam pengembangan RPP dalam menyukseskan implementasi KTSP, sebagai berikut (Baca Selengkapnya http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alim-sumarno/pengembangan-format-rpp-berbasis-ktsp )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar